Festival Nelayan Palabuhanratu Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Kemenparekraf Beri Dukungan Penuh

Festival Budaya: Hari Nelayan Palabuhanratu Ke-64

Sukabumi, Jawa Barat – Bupati Sukabumi Hadiri Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Ke-64 yang Masuk KEN 2024

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menghadiri Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Ke-64 Tahun 2024 di Dermaga 1 PPNP Palabuhanratu, Selasa (21/5/2024). Acara yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI ini disambut antusias oleh masyarakat.
Bupati Sukabumi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Festival Nelayan merupakan tradisi masyarakat nelayan sejak dulu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas kekayaan hasil laut yang melimpah. Beliau juga menjelaskan bahwa festival ini kembali masuk dalam Karisma Event Nusantara 2024. Penghargaan tersebut mendorong semangat masyarakat untuk meningkatkan potensi daerah menjadi daya tarik wisata.
“Kegiatan yang masuk pada KEN 2024 saya berharap masyarakat bisa memelihara potensi ini dengan sebaik mungkin,” imbuhnya.
Masuknya Festival Nelayan Palabuhanratu dalam KEN 2024, Bupati Sukabumi meminta kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk terus mendorong pariwisata Kabupaten Sukabumi menjadi tumbuh dan berkembang sehingga potensinya dapat menunjang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
“Kami berharap Kemenparekrap dapat membantu Pemerintah Daerah membangun pertumbuhan pelaku usaha bagi keluarga nelayan demi kesejahteraan hidup mereka,” pungkasnya.
Festival Budaya: Hari Nelayan Palabuhanratu Ke-64
Sebelumnya, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Restog Krisna Kusuma mendukung penuh terselenggaranya Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Ke-64. Sebab, event tersebut sangat mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Disampaikan Restog, Hari Nelayan Palabuhanratu masuk dalam KEN 2024 dan menjadi kegiatan unggulan Kemenparekraf RI, karena selain menyajikan pergelaran kebudayaan dan adat istiadat juga menampilkan kearifan lokal serta berbagai produk UMKM khas Kabupaten Sukabumi.
Pihaknya pun menilai Festival ini merupakan ajang untuk mempromosikan dunia pariwisata dan produk ekonomi kreatif Kabupaten Sukabumi ke kancah nasional maupun mancanegara.
“Selamat atas terpilihnya kembali event ini dalam KEN 2024 Kemenparekraf RI, semoga kegiatan ini dapat menarik wisatawan baik lokal, nasional hingga mancanegara untuk meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi,” tutupnya.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Sukabumi menerima piagam penghargaan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 dari Kemenparekraf RI, dan menerima cenderamata dari Panitia Hari Nelayan Palabuhanratu Ke 64.
Scroll to Top